Unsur Pokok Desain Grafis
Sebelum kita memulai mebuat karya desain akan lebih baik kita mengetahui lebih dulu beberapa Unsur Pokok Penunjang Desain Grafis. Ibarat sebelum praktek sebaiknya kita mengetaui teorinya terlebih dahulu, Sehinga tidak ada tujuan tertentu yg salah kaprah. Berikut beberapa unsur pokok penunjang desain grafis:
1. ESTETIS
Maksud dari estetis adalah dalam merancang suatu karya desain grafis kita harus memiliki unsur estetika atau keindahan.
2. FUNGSIONAL
Maksudnya yaitu sebuah karya desain harus dapan digunakan dalam kesempatan yg tepat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya.
3. FLEKSIBEL
Mudah dinikmati oleh masyarkat dimanapun dan kapanpun.
4. REALIZED
Sebuah karya desain seharusnya dapat direalisasikan ataupun dibuat. Dalam hal ini kita harus memikirkan juga kemudahan dalam merealisasikan karya tersebut.
5. EKONOMIS
Dibuat sesuai dengan keadaan ekonomi masyarakat atau sesuai dengan kondisi pasar. Karya desain yg bersifat ekonomis terdapat 2 kategori, yaitu :
- Desain Exclusive, Karya desain yg sesuai dengan selera konsumen tertentu. Walaupun dijual dengan harga tinggi namun tetap membelinya.
- Desain Masal/Mass Production, disebut juga Repeat Design, dibuat berulang-ulang sesuai kebutuhan pasar. Biasanya harga jual relatif murah
6. PASAR
Sebuah karya desain sebaiknya beorientasi terhadap hasil penelitian pasar. Sesuai dengan kebutuhan pasar saat itu (tren).
Guna mengatasi masalah yg timbul dari perpaduan keenam unsur tersebut diatas. Seorang desainer grafis harus melakukan feedback (umpan balik) denan memperhatikan hal berikut :
- Selera Konsumen, Kelompok individual yg merupakan kelompok minoritas dan kelompok masyarakat kelas menengah yg jumlahnya cukup besar/mayoritas.
- Gaya Hidup, dapat dilihat dari kondisi sosial maupun geografisnya.
0 Response to "Unsur Pokok Desain Grafis"
Posting Komentar