SISTEM PENCATATAN TABUNGAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM MERDEKA UNIT 04 RANDUDONGKAL
LAPORAN
Laporan praktik kerja industri (Prakerin) ini ditulis dalam rangka uji kempetensi belajar di SMK Negeri 1 Randudonkal Tahun Pelajaran 2014/2015
Disusun Oleh
NAMA : INDRI ISMA SAFITRI
NIS :13.1.413
KELAS : XI AKUNTNSI 2
BIDANG STUDI KEAHLIAN : Bisnis Dan Menejemen
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : Keuangan
KOMPETENSI KEAHLIAN : AKUNTANSI
PEMERINTAH KABUPATEN PEMALANG DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA SMK NEGERI 1 RANDUDONGKAL
2015
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
Laporan yang berjudul “SISTEM PENCATATAN TABUNGAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM MERDEKA Unit 04 Cabang Randudongkal” Disetujui Oleh
Pembimbing Prakerin dan Disahkan Oleh kepala SMK Negeri
pada tanggal 2014
Randudongkal,
Kepala prakerin Merdeka Pembimbing prakerin
SUMARNO Faradila Mumtazah
NIP,-
Mengesahkan
Kepala sekolah
Drs.H.Sobirin,M.pd
NIP.19630307198803102
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
A. MOTTO
1. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda
( Thomas )
2. Kejujuran adalah Mata Uang yang Berlaku dimana-mana
(pepatah)
3. Hormati orang lain maka kamu akan di hormati
(Dale carnegle)
B. PERSEMBAHAN
1. Bapak Drs.H. Sobirin ,M.pd . Selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Randudongkal
2. Bapak Sumarno selaku pemimpin DUDI
3. Bapak dan ibu Guru SMK Negeri 1 Randudongkal yang telah membimbing kami
4. Pimpinan koperasi simpan pinjam Merdeka Unit 04 Randudongkal
5. Ayah dan ibu tercinta yang telah memberikan Do’a dan Motivasi
6. Kepada penulis
7. Teman-teman SMK Negeri 1 Randudongkal
8. Pihak-pihak lain yang telah membantu yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu
KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah Penulis Ucapkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunianya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan hasil pelaksanaan praktik kerja industri (prakerin)
Penyusunan laporan ini adalah salah satu syarat untuk memenuhi seluruh kompetensi dasar juga sebagai sarana pembelajaraan tentang bagaimana sesungguhnya dunia kerja itu dan laporan ini juga sebagai bukti bahwa penulis telah melaksanakan dan menyelesaikan praktik kerja industri di KSP MERDEKA Unit 04 cabang Randudongkal.
Laporan ini dapat terbuat dan diselesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing materi maupun teknis. Oleh karena itu saya (penulis) mengucapakn banyak terima kasih kepada yang terhormat :
1. Bapak Drs.H.Sobirin, M.pd selaku Kepala SMK Negeri 1 Randudongkal yang telah memberikan izin praktik kepada Penulis.
2. Bapak Drs.H.Khambali Anwar selaku pembimbing penulis dalam penulian laporan
3. Ibu Faradila Mumtazah selaku pembimbing materi
4. Bapak Sumarno selaku pemimpin DUDI
5. Ibu Uung kurniasih selaku pembimbing DUDI
6. Semua pihak yang membantu dalam pembuatan laporan ini. Baik langsng maupun tidak langsung.
Kami menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang ada kaitanya dengan penyelesaian laporan ini sangat kami Nantikan.
Semoga laporan ini dapat memberikan manfaat bagi saya (penulis) khususnya dan umumnya bagi pembaca.
Randudongkal,
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL i
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN ii
MOTTO DAN PERSEMBAHAN iii
KATA PENGANTAR iv
DAFTAR ISI ................................................................................................................ v
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 1
B. Tujuan prakerin 1
C. Sistematika penulisan ....................................................................... 2
BAB II TINJAUAN UMUM TENTANG KOPERASI MERDEKA
A. Sejarah Singkat KSP Merdeka ......................................................... 3
B. Motto kerja KSP Merdeka 3
C. Waktu dan Tempat pelaksanaan 3
D. Struktur Organisasi dan Pembagian tugas ........................................ 4
E. Pelaksanaan kegiatan Prakerin 5
BAB III SISTEM PENCATATAN TABUNGAN PADA KSP MERDEKA
A. Pengertian koperasi simpan pinjam 6
B. Tabungan koperasi 6
C. Cara memasukan tabungan ....................................................... 7
D. Cara mengeluarkan tabungan ................................... 7
BAB IV FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT
A. Faktor pendukung ............................................................................. 9
B. Faktor penghambat ........................................................................... 9
BAB V PENUTUP
A. Kesmpulan 10
B. Saran 10
Lampiran-lampiran
BAB I
PENDAHULUAN
pada tanggal 2014
Randudongkal,
Kepala prakerin Merdeka Pembimbing prakerin
SUMARNO Faradila Mumtazah
NIP,-
Mengesahkan
Kepala sekolah
Drs.H.Sobirin,M.pd
NIP.19630307198803102
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
A. MOTTO
1. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda
( Thomas )
2. Kejujuran adalah Mata Uang yang Berlaku dimana-mana
(pepatah)
3. Hormati orang lain maka kamu akan di hormati
(Dale carnegle)
B. PERSEMBAHAN
1. Bapak Drs.H. Sobirin ,M.pd . Selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Randudongkal
2. Bapak Sumarno selaku pemimpin DUDI
3. Bapak dan ibu Guru SMK Negeri 1 Randudongkal yang telah membimbing kami
4. Pimpinan koperasi simpan pinjam Merdeka Unit 04 Randudongkal
5. Ayah dan ibu tercinta yang telah memberikan Do’a dan Motivasi
6. Kepada penulis
7. Teman-teman SMK Negeri 1 Randudongkal
8. Pihak-pihak lain yang telah membantu yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu
KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah Penulis Ucapkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunianya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan hasil pelaksanaan praktik kerja industri (prakerin)
Penyusunan laporan ini adalah salah satu syarat untuk memenuhi seluruh kompetensi dasar juga sebagai sarana pembelajaraan tentang bagaimana sesungguhnya dunia kerja itu dan laporan ini juga sebagai bukti bahwa penulis telah melaksanakan dan menyelesaikan praktik kerja industri di KSP MERDEKA Unit 04 cabang Randudongkal.
Laporan ini dapat terbuat dan diselesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing materi maupun teknis. Oleh karena itu saya (penulis) mengucapakn banyak terima kasih kepada yang terhormat :
1. Bapak Drs.H.Sobirin, M.pd selaku Kepala SMK Negeri 1 Randudongkal yang telah memberikan izin praktik kepada Penulis.
2. Bapak Drs.H.Khambali Anwar selaku pembimbing penulis dalam penulian laporan
3. Ibu Faradila Mumtazah selaku pembimbing materi
4. Bapak Sumarno selaku pemimpin DUDI
5. Ibu Uung kurniasih selaku pembimbing DUDI
6. Semua pihak yang membantu dalam pembuatan laporan ini. Baik langsng maupun tidak langsung.
Kami menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang ada kaitanya dengan penyelesaian laporan ini sangat kami Nantikan.
Semoga laporan ini dapat memberikan manfaat bagi saya (penulis) khususnya dan umumnya bagi pembaca.
Randudongkal,
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL i
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN ii
MOTTO DAN PERSEMBAHAN iii
KATA PENGANTAR iv
DAFTAR ISI ................................................................................................................ v
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 1
B. Tujuan prakerin 1
C. Sistematika penulisan ....................................................................... 2
BAB II TINJAUAN UMUM TENTANG KOPERASI MERDEKA
A. Sejarah Singkat KSP Merdeka ......................................................... 3
B. Motto kerja KSP Merdeka 3
C. Waktu dan Tempat pelaksanaan 3
D. Struktur Organisasi dan Pembagian tugas ........................................ 4
E. Pelaksanaan kegiatan Prakerin 5
BAB III SISTEM PENCATATAN TABUNGAN PADA KSP MERDEKA
A. Pengertian koperasi simpan pinjam 6
B. Tabungan koperasi 6
C. Cara memasukan tabungan ....................................................... 7
D. Cara mengeluarkan tabungan ................................... 7
BAB IV FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT
A. Faktor pendukung ............................................................................. 9
B. Faktor penghambat ........................................................................... 9
BAB V PENUTUP
A. Kesmpulan 10
B. Saran 10
Lampiran-lampiran
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Setiap siswa lulusan SMK dituntut untuk mempunyai keahlian dan siap kerja, karena lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak dunia /usaha/industri, Oleh karena itu diadakan suatu program pendidikan sistem ganda yaitu dengan melaksanakan praktik kerja industri(PRAKERIN) agar setiap siswa lulusan SMK mempunyai suatu pengalaman dalam dunia usaha tersebiut secara nyata setelah lulus sekolah.
Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian Direktorat Pendidikan menengah kejuruan, pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan sebagaimana yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang profesional, karena keahlian profesional seseorang tidak semata-mata diukur oleh pngguna unsur pengetahuan dan eknik bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasa kiat bekerja yang baik.
Ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan lapangan kerja(industri/pengusaha atau instansi tertentu) yang secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan. Dengan demikian kedua pihak seharusnya terlihat dan bertanggung jawab mulai dari tahapan pembuatan program, tahap penyelenggaraan, sampai penilaian dan penentuan kelulusan siswa.
B. Tujuan prakerin
Praktik kerja industri(PRAKERIN) ditunjukan untuk membentuk supaya memiliki profesional kerja, antara lain :
Meningkatkan, Memperluas dan Menetapkan keterampilan yang membentuk kemampuan siswa sebagai bekal umtuk memasuki lapangan kerja yang sesuai dengan program keahlian dan disiplin ilmunya. Menumbuh kembangkan dan Memanfaatkan siswa profesional yang diperlukan siswa untuk memasuki lapangan kerja sesuai dengan bidangnya. Meningkatkan pengalaman siswa pada aspek-aspek usaha yang potensial dalam lapangan kerja, antara lain : Strukutur orgnisasi usaha, asosiasi usaha, jenjang karir dan menengah usaha. Memberikan kesempatan pada suswa untuk Memasyarakatkan diri pada sesuatu atau iklim lingkungan kerja yang sebenarnya, baik sebagai pekerja, sebagai penerima upah maupun sebagai pekerja Mandiri, terutama yang berkenaan pada disiplin kerja. Meningkatakn, Memperluas dan Memantapkan proses penyerapan teknologi baru dari lapangan ke Sekolah dan sebaliknya. Memperoleh masukan dan upah baik untuk memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian Pendidikan kejuruan. Menjalin kerja sama dengan Dunia Usaha secara institusional untuk memberikan peluang masuk dan tempatkannya Alumni.
C. Sistematika Penulisan
Untuk memudahkan para pembaca dalam memahami isi laporan ini, maka penulis Menyusun Sistematika sebagai berikut :
Bab I : Pendahuluan
Bab ini menguraikan latar belakang, Tujuan prakerin
Bab II : Proses pelaksanaan dan profil perusahaan
Bab ini mengemukakan proses pelaksanaan, profil perusahaan dan sejarah yang ada diprofil perusahaan serta Motto kerja dari prusahaan dan struktur organisasinya.
Bab III :
Terdiri dari uraian Materi, pengertian koperasi simpan pinjam dan tabungan
Bab IV : Faktor pendukung dan faktor penghanbat
Bab ini menguraikaan faktor prndukung dan faktor penghambat.
Bab V : Penutup
Bab ini berupa kesimpulan dan saran-saran yang dikemukakan oleh penulis.
Lampiran-lampiran
Daftar pustaka.
BAB II
TINJAUAN UMUM KSP MERDEKA
A. Sejarah singkat KSP Merdeka
Sejarah singkat berdirinya KSP Merdeka, Berdasarkan keputusan kepala kantor wilayah koperasi provinsi Jawa tengah No. 4080/DK.II/DL/16/XI/81. Badan koperasi simpan pinjam Merdeka merupakan hasil pergantian Nama dari KSP buruh/pemilik becak. Koperasi ini didirikan pada tanggal 14 November 1981 yang saat itu bernama koperasi buruh/pemilik becak kabupaten. Daerah tingkat II Pemalang, kemudian berganti nama pada tanggal 19 November 1981 menjadi KSP Merdeka.
KSP Merdeka cabang Randudongkal berada di Jl.Gajah Mada Rt.29 Rw.03. KSP Merdeka, pertama didirikan di Pemalang letaknya di Desa Mulyoharjo, kecamatan Peemalang kabupaten pemalng, letaknya sangat strategis karena berada dipusat wilayah Pemalng kabupaten pemalang, sekarang KSP Merdeka berkembang pesat hingga memiliki 7 cabang, diantaranya :
Unit 01 Berada di pusat, Pemalang
Unit 02 Berada di Petarukan
Unit 03 Berada di Taman
Unit 04 Berada di Randudongkal
Unit 05 Berada di Comal
Unit 06 Berada di Belik, dan
Unit 07 Berada di Ulujami.
B. Motto kerja KSP Merdeka
Bekerja dengan jujur, Benar dan Terampil adalah untuk segalanya.
Sekali keluar kerja, keringat keluar hasilnya pun tidak Mengecewakan.
C. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Koperasi simpan pinjam Merdeka Unit 04 cabang Randudongkal.
Alamat Jl.Gajah mada Rt 29 Rw 03
Waktu pelaksanaan prakerin dimulai pada tanggal 5 Januari 2015 sampai dengan tanggal 5 Maret 2015.
D. Struktur Organisasi dan Pembagian tugas
Manager (pengelola Unit) : Bapak H.Dayani
Kabag. Pemasaran : Bapak Sumarno
Kabag. Operasional : Bapak Ropi’i
Analisis kredit : Bapak Sumarno dan Bapak Ropi’i
Kabag. Dana (Kasir unit) : Nn. Sulistiowati
Administrai (Rekap pinjaman dan tabungan) : Nn. Uung kurniasih
Customer service (Petugas pelayanan Anggota peminjam) di kerjakan Oleh karyawan-karyawati lapangan.
Struktur Organisasi KSP MERDEKA UNIT 04 Randudongkal
E. Pelaksanaan kegiatan Prakerin
Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan di mulai pada tanggal 5 januari 2015 sampai dengan tanggal 5 Maret 2015. Praktik kerja industri di koperasi simpan pinjam Merdeka unit 04 Randudongkal, koperasi dibuka pada pukul 07:30. Pegawai masuk kerja tepat pada pukul 08:00 dan selesai kerja pada pukul 15:00
Tempat pelaksanaanya
Koperasi simpan pinjam Merdeka cabang Randudongkal berada di Jl.Gajah mada Rt.29/rw.03, Dimana KSP Merdeka mempunyai 7 cabang pembantu.
BAB III
SISTEM PENCATATAN TABUNGAN DI KSP MERDEKA
A. Pengertian Koperasi simpn pinjam Merdeka
Koperasi simpan pinjam merupakan salah satu lembaga keuangan bukan Bank yang bertugas memberikan pelayanan masyarakat, berupa pinjaman dan tempat penyimpanan uang bagi masyarakat.
Tugas pokok koperasi antara lain :
1. Menunjang kepentingan ekonomi anggota
2. Ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju adil dan makmur berdasarkan pancasila.
Ciri-ciri koperasi antara lain :
1. Berasas kekeluargaan
2. Keanggotaan sukarela dan erbuka bagi setiap warga NKRI.
3. Rapat anggota adalah pemegang kekuasaan tertinggi.
Prinsip-prinsip koperasi antara lain :
1. Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka.
2. Pengelolaan dilakukan secara demokratis.
3. Sebagian SHU dilakukan secara adil sebanding dengan jasa usaha masing-masing anggota.
4. Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal.
5. Kemandirian.
B. Tabungan Koperasi
Tabungan koperasi adalah simpanan pada koperasi yang penyetorannya dilakukan berangsur-angsur dan penarikannya hanya dapat dilakukan leh anggota yang bersangkutan atau kuasanya dengan menggunakan buku tabungan koperasi, setiap saat pada hari kerja koperasi.
Faktor-faktor yang harus di perhatikan oleh KSP agar anggota berminat menyimpan di koperasi antara lain :
1. Keamanan dana, dalam arti dapat di tarik kembali oleh pemiliknya sesuai dengan perjanjian.
2. Menghasilkan nilai tambah dalam bentuk bunga simpaan atauinsentif lainnya dan di terima oleh anggota sesuai dengan perjanjian.
3. Bahwa menabung di KSP merupakan wujud dari partisipasi anggota di dalam kedudukannya sebagai pengguna jasa, dan karena itu anggota merasakan adanya kedudukan yang lebih istimewa dibandingkan menabung di tempat lain. Keistimewaan anggota tersebut antara lain misalnya karena menerima sisa hasil usaha pada akhir tahun buku, ikut serta mengambil keputusan koperasi dan lain-lain.
C. Cara Memasukan Tabungan
Sebelum memasuki cara memasukan tabungan, harus mengetahui terlebih dahulu apa itu promese. Promese adalah salah satu bukti untuk mengetahui bahwa seseorang nasabah telah melakukan pinjaman. Berikut ini cara memasukan tabungan :
a. Melihat promese berapa jumlah uang yang akan di pinjam.
b. Kemudian masukan kedalam buku tabungan sesuai resort, nama nasabah dan nomor pinjaman nasabah.
c. Besarnya jumlah pinjaman dikalikan 5% kemudian ditulis dibuku tabungan. Contoh : misal besarnya pinjaman Rp. 1.000.000,- maka caranya Rp.1.000.000,- x 5% = Rp. 50.000,- jadi besarya tabungan adalah Rp. 50.000,-
Berikut format tabungan di KSP Merdeka :
Jadi besarnya tabungan adalah Rp. 50.000,-
Berikut format tabungan di KSP Merdeda :
Besarnya pinjaman Besarnya tabungan
Rp. 1.000.000 Rp. 50.000
Rp. 500.000 Rp. 25.000
Rp. 1.500.000 Rp. 75.000
Rp. 200.000 Rp. 10.000
D. Cara Mengelaurkan Tabungan di KSP MERDEKA (OUT)
Dalam KSP Merdeka anggota yang telah meminjam uang terhadap koperasi maka anggota tersebut menabung 5% dari jumlah pinjamannya. Tabungan yang terdapat di koperasi ini dapat dikeluarkan kapan saja. Berikut cara mengeluarkan tabungan:
1. Melihat nama resort, nomor dan nama anggota pinjaman yang terdapat di dalam promese.
2. Kemudian cari promese dari pinjaman sebelum dan dikeluarkan dari tempat penyimpanan promese sesuai dengan resort, nomer dan nama nasabah.
3. Jadikan satu promese dengan urut sesuai tanggal pinjaman dan disertai kertas bukti out menggunakan steples.
4. Catatan didalam buku tabungan di jumlah berapa tabungan yang akan dikeluarkan kemudian diberi tulisan (out) lalu stempel tanggal keluaran.
5. Setelah mengeluarkan dari buku tabungan kemudian dicatat di buku pengeluaran.
BAB IV
FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT
A. Faktor pendukung
1. Pembimbing dari sekolah maupun instansi sangat membantu dalam melaksanakan prakerin.
2. Waktu yang diberikan untuk berangkat ke lokasi prakerin juga longgar sehigga bisa melakukan pekerjaan rumah sebelum prakerin.
3. Pegawai tempat prakerin ramah dan baik.
4. Lokasi prakerin tidak jauh dari rumah.
5. Fasilitas memadai.
B. Faktor penghambat
1. Faktor cuaca yang kurang baik
2. Kurangnya pengalaman saya sehingga pekerjaan yang saya kerjakan kadang tersendat-sendat.
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari parakerin di KSP Merdeka unit 04 Randudongkal, maka dapat disimpulkan bahwa dalam melaksanakan kerja tidak semudah yang kita bayangkan
Maka dari itu, faktor-faktor yang sangat penting demi tercapainya suatu tujuan di dalam dunia kerja tidak hanya potensi yang dimiliki, tetap siplin, sopan, mudah beradaptasi dan bertanggung jawab juga sangat diperlukan.
B. Saran
1. Saran untuk KSP
a. Kepada bapak/ibu di KSP Merdeka , penulis berharap bapak/ibu tidak bosan memberikan pengarahan dan bimbingan kepada penulis dan peserta prakerin lainnya.
b. Bagi pegawai dapat memperkenalkan program aplikasi apa saja yang digunakan di koperasi, agar siswa dapat mmahaminya.
2. Saran untuk Sekolah
a. Dalam penerimaan dan penempatan siswa yang melaksanakan prakerin , hendaknya mempertimbangkan bidang yang sesuai dengan jurusan siswa.
b. Hendaknya guru pembimbing harus lebih sering memonitoring dunia industri dimana siswa siswi melaksanakan prakerin.
0 Response to " "
Posting Komentar