Cara memproteksi folder di ubuntu




Memproteksi folder pada laptop sangatlah penting ini dilakukan jika ada orang atau teman anda yang iseng ingin liat isi file laptop anda, maka dari itu anda harus memproteksinya dari sekarang. untuk toolsnya saya menggunakan cryptkeeper .

Ketikan perintah berikut untuk installasinya.


sudo apt-get install cryptkeeper

Nanti ada Konfirmasi seperti di atas tekan saja ENTER untuk melanjutkan, jika tools sudah di install maka akan muncul icon kunci di taskbar atau di panel . kalau saya muncul di bawah seperti ini 


 kemudian klik pada icon kunci tersebut nanti akan ada menu dan klik pada New encrypted folder dan akan muncul menunya seperti ini.


pada Name isikan Label folder yang akan di buat, pada save to folder cari dimana lokasi folder tersebut akan di simpan, kemudian klik Forward.


 Tahap terakhir muncul isian password, ini berfungsi untuk menampilkan ataupun menyembunyikan foldernya, klik forward dan folder dengan nama yang anda buat akan menjadi disk media seperti berikut.


   Status Folder sekarang terbuka, jika anda ingin menutup disk/folder tersebut anda harus keluarkan terlebih dahulu aplikasinya dengan cara klik icon kunci kemudian quit.selanjutnya anda jalankan kembali dengan mencari aplikasi "cryptkeeper" bisa lewat terminal atau mencarinya di menu aplikasi.
dan jika sudah muncul klik lagi pada icon kemudian nanti ada tanda ceklis pada folder yang anda buat sebelumnya , klik tanda ceklis tersebut dan folder akan hilang, jika ingin memunculkannya kembali klik lagi pada folder yang ingin anda tampilkan dan nanti akan ada autentikasi password untuk menampilkannya.
 

0 Response to "Cara memproteksi folder di ubuntu"

Posting Komentar