Pidato Bahasa Indonesia tentang Peran Penting Ibu dalam Hidup Kita



الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ
Yang terhormat Ibu Ela Aliya S.Pd selaku guru bidang studi Bahasa Indonesia dan teman-teman yang saya cintai.

Puji syukur kehadirat Allah swt. Yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini. Salawat serta salam marilah kita ucapkan kepada Nabi Muhammad saw. , Nabi yang telah membawa umat Islam ke jalan yang lurus.
Dalam pidato ini saya akan mengangkat judul “Peran Penting Ibu dalam Hidup Kita”.

Ibu Ela dan teman-teman yang saya banggakan,
Setiap orang lahir dari rahim seorang ibu. Cinta dan kasih sayang seorang ibu terhadap anak-anaknya tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Kasih sayang seorang ibu terwujud pada perhatian, pengasuhan, perawatan, perlindungan dan doa sejak lahir sampai akhir hayatnya.
Demikian pula kemarahan seorang ibu menjadi sebab kesengsaraan seorang anak di neraka. Sebagai anak kita diperintahkan agar bersikap santun terhadap orang tua. Allah swt. berfirman dalam surat Al-Isra ayat 23 yang berbunyi :
وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا
yang artinya : “Dan tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah satu seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”.
Dalam meraih cita-cita , doa dan peranan seorang  ibu senantiasa mempengaruhi langkah anaknya. Hal tersebut tak perlu kita ragukan lagi. Kita tentu tidak asing dengan nama tokoh seorang ilmuan yang terkemuka sepanjang masa, Thomas Alva Edison.  Di balik kesuksesan Thomas, terdapat peran besar seorang ibu.

Edison kecil agak tuli dan dicap bodoh di sekolah. Alhasil, Edison hanya mengenyam pendidikan formal di bangku sekolah selama tiga bulan. Ia dikeluarkan dari sekolah. Meski demikian, ibunya Nancy Mattews tak patah arang dan berkeyakinan kuat bahwa anaknya bukanlah anak yang bodoh. Setelah itu, pendidikannya diperoleh dari sang ibu yang mengajarinya di rumah. Nancy mengajarkannya cara membaca, menulis, dan matematika.Akhirnya, Edison kecil tumbuh menjadi seorang ilmuan terkemuka yang berhasil menciptakan lampu pijar.
Ibu Ela dan teman-teman sekalian,
Betapa besar peran penting seorang Ibu di hidup kita maka, sudah sepatutnya kita bersikap santun terhadap orang tua terutama Ibu.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam ucapan saya. Terimakasih atas perhatian Ibu dan teman-teman sekalian,

Wassalamualaikum w.w.,

0 Response to "Pidato Bahasa Indonesia tentang Peran Penting Ibu dalam Hidup Kita"

Posting Komentar