Pidato Bahasa Indonesia tentang Keanekaragaman Hayati




Assalamualaikum w.w.,
الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ
Yang terhormat Ibu Ela Aliya S.Pd selaku guru bidang studi Bahasa Indonesia dan teman-teman yang saya banggakan.
Puji syukur kehadirat Allah swt. yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini. Salawat serta salam marilah kita ucapkan kepada Nabi Muhammad saw. , Nabi yang telah membawa umat Islam ke jalan yang lurus. 
Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato dengan judul “Sumber Daya Manusia yang Berkualitas untuk Masa Depan Indonesia”
Ibu Ela dan teman-teman sekalian,
Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman hayati tertinggi kedua setelah Brasil.. Perlu kita ketahui, Indonesia memiliki jumlah mamalia sebanyak 515 jenis  atau 12 % dari jenis mamalia di dunia, reptilia sebanyak 511 jenis , unggas sebanyak 1.531 jenis , amfibi sebanyak 270 jenis, avetebrata sebanyak 2.827 jenis dan tumbuhan sebanyak 38.000 jenis. Kekayaan tersebut tersebar di 18.110 pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke. 
Ibu Ela dan teman-teman sekalian,
Indonesia seharusnya menjadi negara yang kaya raya apabila mengingat kembali jumlah kekayaan hayati yang tersedia. Namun realita yang sedang terjadi adalah  Indonesia menjadi gersang dan tandus. Bibit unggul pun gagal tumbuh di Indonesia, Sementara itu pembalakan hutan,perburuan satwa liar,pembakaran hutan,bahkan illegal loging nyaris terus terjadi. Akibatnya menyedihkan, dari tahun ke tahun Indonesia hanya menuai bencana banjir bandang, tanah longsor, dan kekeringan.
Ibu Ela dan teman-temanku sekalian, 
Penting bagi kita untuk menjaga dan melestarikan alam Indonesia sebab keberadaan hutan di Indonesia memiliki peranan penting bagi masyarakat dunia dalam menurunkan emisi gas rumah kaca. Bagaimana cara yang tepat agar alam dan keanekaragaman hayati Indonesia tetap lestari? jawabannya adalah dengan meningkatkan sumber daya manusia lewat pendidikan. Tentu saja pendidikan menjadi modal dasar kita untuk mengolah kekayaan alam Indonesia tanpa mengorbankan generasi yang akan datang. Sudah menjadi hukum alam bahwa sifat manusia adalah tidak pernah puas. Namun, pendidikan diniai mampu membuang moral serakah manusia tersebut. Lewat pendidikan, kita mampu meng- upgrade kualitas sumber daya manusia sehingga sektor ini dapat dijadikan investasi utama bangsa kita tanpa menyumbang dampak negatif yang besar.

Ibu Ela dan teman-temanku sekalian,
Gerry Burniepernah berkata “We talk so much about leaving a better planet to our kids, that we forget to leave better kids to our planet.”. Ucapan tersebut maksudnya adalah “kita terlalu sering berkata tentang memberikan planet yang lebih baik kepada generasi berikutnya dan lupa untuk meninggalkan generasi yang lebih baik untuk planet kita.”. Untuk itu saya mengimbau agar kita bersungguh-sungguh menimba ilmu dan membangun karakter baik guna meningkatkan kualitas diri yang lebih baik.
Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga pidato saya barusan dapat bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam ucapan saya. Terimakasih atas perhatian Ibu dan teman-teman sekalian,
Wassalamualaikum w.w.,

0 Response to "Pidato Bahasa Indonesia tentang Keanekaragaman Hayati "

Posting Komentar