Pemahaman Tentang Desain Grafis

BELAJAR DESAIN GRAFIS TANPA GURU

PEMAHAMAN TENTANG DESAIN GRAFIS


Sebelum kita membicarakan tentang design grafis tidak ad salahnya kita pahami tentang design grafis. Satu hal yg penting untuk kita pahami adalah antara DESAIN dan KOMPUTER GRAFIS. Hal ini dikarenakan Desain Grafis berhubungan dengan proses menggagas dan mengkreasikan suatu pesan. Sedangkan Komputer Grafis fokus terhadap alat yg mewujudkan gagasan Desainer Grafis. Oleh karenanya,orang yg pandai komputer grafis belum tentu bisa menjadi Desainer Grafis. Begitu pula sebaliknya. Sehingga orang mempunyai konsep matang dibidang seni (Khususnya Seni Grafis) tetapi tidak menguasai software grafis,akan kesulitan dalam mewujudkan konsep desain yg dia punya.

Ibarat Anda diberikan selembar kertas putih kosong, dan ingin membuat info tentang suatu acara/produk diatas kertas tersebut. Tujuanya tentu agar banyak orang yg tertarikdengan acara/produk tersebut.

Selanjutnya pasti kita ingin memberikan tulisan ataupun image yg menarik perhatian semua orang dan tentu anda akan mengambil alat tulis dan mulai corat-coret design yg ada di benak Anda.
Darihasil corat-coret tersebut dapa Anda aplikasikan ke dalam visual dengan software di komputer Anda. Jadi pengertian sederhana dari Desain Grafis, yaitu bagaimana Anda mengkonsep/mengkreasikan gambar dan teks untuk menyampaikan pesan kepada banyak orang.

Jika Anda ingin menjadi Desainer Grafis, Janganlah terburu-buru menguasi banyak software grafis dan efek-efek yg ada di dalam software tersebut. Karena banyak designer grafis pemula yg sering memakai efek dan pernak-pernik background yg sebenarnya tidak diperlukan. Akibatnya pesan sebenarnya terhalangi oleh efek-efek tersebut.

Jadi sebelum anda mulai mendesain, pikirkanalah terlebih dahulu konsep apa yg  akan Anda tampilkan dalam sebuah media,baik berupa brosur, poster, leaflet, spanduk maupun cover buku.

Berikut contoh karya desain grafis yg lebih mementingkan efek komputer yg tidak perlu, sehingga pesan menjadi kabur dan susah diingat Audiens.

Pemahaman Tentang Design Grafis
Contoh Design Kebanyakan Efek

Karya Desain Grafis yg lebih mementingkan Konsep design berupa Image atau teks yg sesuai, serta komposisi warna dan tata letak yg menarik. Yg tampak sederhana namun lebih mudah diingat Audiens.
Pemahaman Tentang Design Grafis
Contoh Design Sederhana

Hal lain perlu diingat dalam membuat desain grafis adalah orang hanya akan melihat desain kita sepintas saja. Khususnya desain spanduk ataupun baliho. Pengguna jalan hanya akan melihat kurang lebih 1 detik saja. Karena pengguna jalan hanya akan fokus pada cara untuk cepat sampai tujuan. Mereka tidak akan berlama-lama hanya untuk melihat spanduk atau baliho yg dipajang di pinggir jalan.

Meskipun media cetak sperti majalah, Koran, atau buku termasuk media yg dapat dilihat dalam waktu tertentu oleh pembaca. Yg pasti bentuk desain cover akan diperhatiakan oleh para pembaca. Jadi sebelum mebuat desain cover buku cobalah untuk membuat desain yg menarik, sehinggan para pembaca tertarik untuk melihat isi buku tersebut. Dan yg perlu diingat kebanyakan orang atau audience hanya akan memperhatikan desain yg sederhana, memiliki daya tarik, eye catching, mudah dibaca dan diingat.

Pemahaman Tentang Design Grafis
Contoh Banner XL

Semoga bermanfaat ya.

0 Response to "Pemahaman Tentang Desain Grafis"

Posting Komentar