Tips Agar Hubungan Awet dan Harmonis



 Oleh : Ika Yudi Setianingrum

 
Mempunyai hubungan asmara yang harmonis merupakan dambaan setiap orang. Biasanya, sepasang kekasih akan selalu mengupayakan cara, agar hubungannya dapat berjalan dengan baik dan awet. Namun demikian, tidak semua hubungan dapat berjalan dengan lancar ataupun mudah. Terkadang,  masalah sering muncul secara tiba-tiba. Hubungan yang tadinya hangat pun dapat berubah menjadi dingin dikarenakan ketidakmampuan kedua belah pihak dalam memecahkan masalah. Masalah yang kecil pun dapat berubah menjadi besar. Bahkan, apabila kedua belah pihak tidak mampu untuk segera  menyelesaikan masalah, hubungan yang dijalin selama ini pun dapat dengan mudah rusak oleh sendirinya.

Anda tentu tidak ingin hal itu terjadi dalam hubungan percintaan anda. Berikut akan saya bagikan tips-tips agar hubungan awet dan hormonis.

1.    Komunikasi yang Baik

Komunikasi merupakan faktor yang paling penting dalam menjalani suatu hubungan. Komunikasi yang baik dan terbuka sangat diperlukan agar suatu hubungan dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya rasa curiga atau perasaan menduga-duga. Dengan komunikasi pun sepasang kekasih akan saling mengerti dan memahami kesibukan masing-masing. Komunikasi yang intens diperlukan agar salah satu pihak dapat berfikir secara positif, serta menghilangkan rasa khawatir yang berlebihan. Komunikasi juga diperlukan agar kedua belah pihak dapat menyelesaikan masalah secara bersama-sama.

2.    Saling percaya dan Positive Thinking

Menjalin hubungan dengan seseorang tidaklah mudah. Sikap saling percaya sangat dibutuhkan agar seseorang dapat selalu berfikir positif. Percaya kepada pasangan merupakan faktor yang penting karena kepercayaan sangat diperlukan agar hubungan dapat selalu berjalan dengan aman dan nyaman. Bagaimanapun, manusia merupakan makhluk sosial yang harus berinteraksi dengan manusia lain. Dengan adanya sikap percaya dan positif kepada pasangan, dapat menghindarkan anda  pada hal-hal negatif maupun perasaan curiga.

3.    Jujur terhadap Pasangan

Sikap terbuka diperlukan agar sepasang kekasih dapat mengerti dan memahami maksud atau keinginan satu sama lain. Dengan bersikap terbuka dan jujur kepada pasangan, kita tidak perlu khawatir, ataupun takut apabila telah melakukan kesalahan . Berkata terus terang atau apa adanya tanpa perlu menyembunyikan apapun kepada pasangan dapat membuat suatu hubungan bertambah harmonis.

4.    Luangkan Waktu bersama Pasangan

Kegiatan yang terlalu sibuk dapat membuat suatu hubungan menjadi tidak nyaman. Terkadang, seorang kekasih membutuhkan perhatian dari pasangannya. Rasa rindu karena jarang bertemu dapat menjadi faktor suatu hubungan berjalan semakin baik ataupun buruk. Jangan sampai karena terlalu sibuk, anda melupakan pasangan sehingga, dia mencari perhatian kepada orang lain. Kalau begini, hubungan yang sudah terjalin dengan baik pun dapat menjadi hancur. Oleh karena itu, luangkanlah waktu bersama pasangan. Atur jadwal apabila anda sibuk. jika memungkin, pergilah bersama-sama ke suatu tempat yang dapat membuat pasangan anda senang. Jika anda terlalu sibuk ataupun jauh, anda bisa meluangkan waktu bersama pasangan dengan menelpon ataupun video call.

5.    Bersikap romantis terhadap pasangan

Hubungan yang harmomis adalah hubungan yang dapat melahirkan rasa nyaman terhadap pasangan. Sepasang kekasih tentu tak ingin hubungannya mengalami masalah. Namun, setelah masalah itu hilang, seseorang kerap merasa bosan dan jenuh. Kesibukan dan ketidakpedulian terhadap pasangan dapat membuat seseorang semakin tidak nyaman. Terkadang, keromantisan sangat diperlukan untuk mencairkan suasana. Setiap pasangan pasti mendambakan hubungan yang romantis agar hubungannya semakin harmonis dan lengket. Bersikap romantis tidak harus dilakukan dengan memberikan rayuan gombal kepada pasangan. Cukup katakan “aku sayang kamu” atau “I love you” dapat membuat pasangan anda semakin cinta dan bahagia. Jika memungkinkan, anda bisa mengajaknya makan bersama atau memberi bunga dan coklat.

6.    Bersikap dewasa dan tidak egois

Saling mengerti dan mendewasakan diri adalah salah satu cara agar anda dapat memahami pasangan secara mudah. Mencoba untuk tidak bersikap egois dan mau mengalah dapat membantu sepasang kekasih dalam menyelesaikan masalah. Mengalah disini bukan berarti anda harus selalu mengalah terhadap keputusan pasangan melainkan, mencoba untuk bersikap dewasa dan tidak memaksakan kehendak sendiri. Meminta maaf apabila merasa salah, memaafkan kesalahan pasangan, dan saling memahami kesibukan masing-masing dapat membantu anda bersikap dewasa dan tidak egois. Terkadang, perbedaan umur menjadi kendala seseorang bersikap dewasa. Kekasih yang lebih muda cenderung egois dan menuntut pasangan untuk menuruti keinginannya. Begitu pula kekasih yang lebih tua terkadang bersikap sok dewasa dan memerintah. Bukan sikap dewasa seperti ini yang dimaksud. Melainkan, saling mengerti dan memahami. Menasehati dan saling mengingatkan pasangan apabila melakukan kesalahan dapat dijadikan acuan untuk bersikap dewasa. Namun, jangan terlalu berlebihan. Kondisikan perbedaan usia dan cobalah untuk tidak memaksakan kehendak satu sama lain.



Bagaimana? Sudah jelas kan? Semoga tips-tips diatas dapat membantu anda untuk semakin lengket dengan pasangan dan membuat hubungan anda semakin awet dan harmonis. Terimakasih :)

Jangan lupa, komen dibawah ini ya! :D


0 Response to "Tips Agar Hubungan Awet dan Harmonis"

Posting Komentar