Gempa berkekuatan 6,2 pada skala Richter telah mengguncang bagian tengah Italia sehingga menyebabkan sedikitnya enam orang tewas dan sejumlah orang luka-luka, dan banyak yang terperangkap di reruntuhan puing-puing bangunan yang hancur.


Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan gempa terjadi pukul 03.36 pagi waktu setempat, dan berpusat 76 kilometer di tengah-tengah kota italia, di kedalaman 10 kilometer.

Surat kabar La Repubblica melaporkan guncangan gempa tersebut terasa hingga ke Kota Roma. Di sana, gedung-gedung bergetar selama setidaknya 20 detik.

Sejumlah regu penyelamat masih mencari warga yang tertimbun di antara puing-puing.
Sergio Perozzi, wali kota Amatrice, mengatakan “separuh kota telah lenyap”.

“Jalan dari dan ke kota terputus. Separuh kota telah lenyap. Ada orang-orang di bawah puing-puing. Tadi terjadi longsor dan sebuah jembatan amat mungkin ambruk,” kata Perozzi kepada radio RAI.

Selain Kota Amatrice, Kota Accumoli juga menderita kerusakan parah.
Menurut Stefano Petrucci, wali kota Accumoli, upaya pencarian sementara di Kota Accumoli menemukan empat orang dari sebuah keluarga di bawah puing-puing
Image caption Badan Perlindungan Sipil Italia menggolongkan gempa tersebut sebagai gempa ‘parah’.

Adapun di Desa Pescara del Tronto, dekat Kota Accumoli, sebanyak dua orang ditemukan meninggal dunia.
Badan Perlindungan Sipil Italia menggolongkan gempa tersebut sebagai gempa ‘parah’.

“Guncangannya begitu kuat. Ranjang seperti berjalan sendiri di kamar,” kata Lina Mercantini di kawasan Umbria kepada kantor berita Reuters.

USGS memprediksi skala kerusakan akibat gempa ini akan signifikan, berdasarkan gempa-gempa sebelumnya.

Pada 2009, gempa berkekuatan 6,3 pada skala Richter melanda kawasan Aquila menyebabkan lebih dari 300 orang meninggal dunia.

0 Response to " "

Posting Komentar