Minat Dengan Jurusan Bahasa Korea?

hai guys,
Bulan ini memang lagi sibuk-sibuknya siswa-siswi lulusan SMA yang akan melanjutkan studinya di jenjang perkuliahan demi menerima gelar SI. Tapi, aku tau banget pasti banyak dari adik-adik yang masih bingung ingin kuliah di mana, bahkan masih ngga kebayang mau ambil jurusan apa? jadi nostalgia jaman-jaman aku mau lulus SMA masih suka galau dengan jurusan. sebenarnya aku bukan tipe orang yang pintar nulis kaya kebanyakan blogger lainnya, cuma lagi ga ada kerjaan aja dan ingin berbagi pengalaman tentang jurusan Bahasa Korea yang pernah aku ambil di bangku kuliah. Siapa tau ada yang minat juga, ya kan? Apalagi ditambah kepopuleran Negara Korea di Indonesia masih belum turun, yuk mari dibaca~

Aku lulusan dari sebuah SMA Islam di Jawa Timur, ya tepatnya di Kota Madiun. Aku juga masih bingung mau kuliah di mana dan ambil jurusan apa. Kebetulan saat itu aku ambil jurusan IPS waktu SMA, jadi yang aku pelajari ga lain ya ekonomi, akuntansi, sejarah, sosiologi,  hmm apa lagi ya? aku sama sekali ngga kebayang akan ambil jurusan bahasa, khususnya lagi bahasa Korea.
Saat aku masih SMA, aku memang sudah menyukai dunia Korea khususnya drama Korea yang bikin penasaran tiap minggunya diputer di stasiun tv di Indonesia. Waktu tahun 2007-an, kepopuleran Kpop juga masih belum kayak sekarang. Mau tahu info tentang aktor/aktris, boy/girlband Korea harus beli majalah dulu, dan majalah itu harus nunggu dateng dari Surabaya, karena di Madiun ga ada yang jual. Dulu juga aku belum pakai wifi2an jadi harus bertelor dulu di warnet untuk download apa segala macam, dan situs-situs yang menyediakan info tentang Korea juga belum banyak kayak sekarang ini. lebih sebelnya lagi, ketika aku nonton drama atau reality show harus nunggu keluar subtitlenya satu minggu kemudian baru ngerti apa yang mereka bicarain. Lagi-lagi aku nyadar kalau saat itu memang masih jarang sekali ada orang yang bisa berbahasa Korea dan merelakan waktu untuk menerjemahkan video-video di youtube secara gratis.

Akhirnya setelah berdiskusi dengan orang tua, aku mutusin untuk ambil jurusan Bahasa Korea aja. Setelah mencari berbagai info tentang kampus-kampus yang punya jurusan Bahasa Korea, Anjirrr UI, UGM, UNAS, duhh,,,,,,dalam hati *gagal ambil jurusan B.Korea nih. Aku bener-bener yang down banget yang kayaknya gak mungkin banget bisa lulus di universitas itu. Sampai akhirnya sekitar bulan Desember, UI membuka penerimaan siswa undangan. Waktu itu aku antara semangat dan ngga semangat mau daftar. Tapi Alhamdulillah karena ada dukungan dari orang tua dan didukung dengan nilai rapor di sekolah yang lumayan bagus, aku PD2in aja buat ngisi formulirnya. Setelah daftar, pengumuman langsung diumumin bulan Januari dan namaku lulus. Alhamdulillah.

Setelah masuk hari pertama,
Aku masih ingat banget masuk hari pertama di mata kuliah kelas Bahasa Korea Dasar. Dosen yang mengajar juga orang Korea asli. Awalnya sempet yang wow gitu diajarin sama orang Korea-nya langsung, cuma berhubung selama di kelas beliau selalu pakai Bahasa Korea, kita hanya bisa blank dan bengong aja dengerinnya. Tapi berkat beliau juga, kita jadi terbiasa dan terlatih untuk listening bahasa Korea.
Di sini aku akan kasih pengenalan tentang beberapa mata kuliah Jurusan Bahasa Korea yang ada di Universitas Indonesia saat itu, ya mungkin masih ga jauh beda dengan sekarang.
  • Bahasa Korea Dasar
    • Tenang aja buat adik-adik yang ngerasa masih ngga ngeh dengan Bahasa Korea, atau terpaksa masuk jurusan bahasa Korea, kita akan diajarin Bahasa Korea dari dasar banget. Bener-bener belajar dari penulisan huruf Hangeul dan praktek menulis, kemudian menghafal huruf konsonan, vokal, dan cara baca yang baik dan benar, serta menghafal kata-kata. Yah, tidak jauh beda dengan belajarnya anak TK. hehehe... ^^
  • Pengantar Kebudayaan Korea
    • Kuliah ini salah satu matkul favorit aku, karena aku memang tertarik dengan dunia budaya juga. Jadi di matkul ini kita banyak diperkenalkan tentang negara Korea dan isinya. Tentang pola keluarga orang Korea, budaya tradisional seperti tari2an, musik tradisional, permainan tradisional, agama, sifat-sifat masyarakat Korea, dll.
  • Masyarakat dan Budaya Korea
    • Kuliah ini lebih memahami tentang budaya Korea lebih mendalam serta membahas berbagai agama yang dianut masyarakat Korea.
  • Pengkajian Drama Korea
    • Wahai para pencinta drama, kelas ini adalah surga bagi kalian. Kenapa? karena di matkul ini kita lebih fokus dalam membahas berbagai drama dan film-film Korea untuk diteliti maksud dan tujuan serta inti yang disampaikan di dalam drama/ film tersebut. Terkadang ada jam kita untuk menonton satu film dan membahasnya bersama-sama. 
  • Pengantar Sejarah Korea
    • Matkul ini membahas tentang awal mula sejarah Korea. Mulai dari perang dunia sampai bagaimana Korea bisa terpecah menjadi Korea Selatan dan Korea Utara. Bagaimana Sistem kepresidenan Korea dan upaya apa saja yang dilakukan presiden Korea hingga membawa Korea sampai sedemikian maju seperti sekarang ini.
  • Kesusastraan & Puisi Korea
    • Sebenarnya aku sendiri kurang begitu suka di maktul ini karena untuk tipe otak yang ga ngerti sastra kayak aku akan berasa sulit untuk memahami. Jangankan sastra Korea, sastra-sastra Indonesia aja kadang-kadang masih ngga ngerti juga. hehe.. Di matkul ini lebih banyak membahas cerpen, puisi, dan tulisan-tulisan karya penulis jaman dulu dan dikaitkan dengan kehidupan Korea pada saat tulisan itu dibuat. 
  • Budaya Perusahaan Korea
    • Salah satu kelas favorit aku juga. Hmm, sebenernya sih karena dosennya enak ngajarnya. hehehe. Di kelas ini sebenernya penting banget dan jangan main2  deh biar ga ketinggalan. Kelas ini diadakan waktu semester 3-an waktu mau lulus. Kenapa? karena setelah lulus pasti banyak dari kita yang bakal bekerja di perusahaan Korea dan penting banget bagi kita buat mengenal dan memahami bagaimana sih budaya perusahaan Korea itu. Bagaimana cara berbicara dan mengucap salam kepada atasan kerja, bagaimana cara berpakaian, dan bagaimana cara bersikap di hadapan atasan kita. Kemudian kita juga diajarkan istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia pekerjaan. Sumpah kelas ini berguna banget untuk masa depan bagi kalian yang memilih bekerja dengan orang Korea di perusahaan Korea.
  • Korespondensi dalam Bahasa Korea
    • Sebenarnya matkul ini lanjutan dari matkul Budaya Perusahaan Korea, hanya saja matkul ini lebih membahas cara menulis, mengirim, dan menjawab surat. Selain itu juga mengajarkan kita bagaimana cara menelpon dan menerima telpon dari atasan atau client. Ini juga penting..!
  • Terjemahan
    • Bagi kalian yang otaknya terjemahan, kelas ini wajib diikuti. Di sini lebih membahas tentang cara penerjemahan yang baik untuk penerjemahan lisan dan tulisan. Cara pemilihan kata yang sesuai dan mencari solusi padanan kata yang tepat.
Aku rasa cukup segini aja pengenalan tentang mata kuliah jurusan Bahasa Korea di Universitas Indonesia. Selain belajar dalam kelas, kita juga bisa mengambil 동아리 atau ekskul seperti tari tradisional dan alat musik tradisional Korea, mading, dan lain-lain. Ada juga banyak program beasiswa pertukaran pelajar sehingga akan diseleksi beberapa mahasiswa untuk mengikuti pertukaran pelajar di banyak universitas di Korea. Jadi, bagi kalian yang udah ada minat, kenapa gak dicoba aja?
x

0 Response to "Minat Dengan Jurusan Bahasa Korea?"

Posting Komentar