Tips Pengajuan Visa Wisata Korea Selatan


Hi,, udah lama ga update blog nih sebelum karatan haha.
Kali ini aku mau sharing tentang cara mengajukan visa wisata Korea Selatan dan bagaimana agar aplikasi permohonan kita bisa di-approve.

Hmmm,, Visa memang bagian yang sangat penting kalo kita mau jalan-jalan ke luar negeri. Percuma aja kalau udah beli tiket pesawat dan booking hotel tapi ternyata kita ga punya visa atau aplikasi visa kita ditolak. Kelar deh. Sebenarnya kesalahan ini yang sangat sering dialami oleh orang-orang yang terlalu tergesa-gesa karena biasanya sudah terlanjur beli tiket promo, tapi tidak memperhatikan tentang visa dan jadwal yang pas buat mengajukan visa itu sendiri.

Okay, tips kali ini berdasarkan pengalaman saya saja yah~


Pertama apa saja sih syarat yang harus disiapkan untuk mengajukan visa wisata Korea Selatan? Ingat ya, wisata~ Kalau tujuannya untuk bisnis, kunjungan keluarga, sekolah, persyaratannya lain lagi..

Wisata

*Mengisi Formulir
Formulir aplikasi Korea Selatan yang terbaru berjumlah 5 lebar. Formulir ini sudah disediakan di website, jadi silahkan kalian mendownload sendiri dan mengisinya dulu sebelum berangkat ke kedutaan. Kenapa? Pihak Kedutaan biasanya tidak banyak menyediakan form di tempat. Konsuler Kedutaan Korea juga tidak ada ruang fotocopy, jadi kalau mau fotocopy harus jalan beberapa menit ke luar dulu. ribet, kan? 1 formulir diisi untuk 1 orang. Jadi kalau mau berangkat ke Korea sekeluarga ada 5 orang, jadi harus mengisi 5 formulir. Formulir ini bisa saja berubah setiap waktu. Jadi, sebelum datang ke konsuler, sebaiknya kalian mengecek dulu web resmi kedutaan.
Oh iya, jangan lupa untuk mengisi formulir sendiri dan diisi selengkap-lengkapnya dan sejujur-jujurnya. Pengisian formulir juga menjadi pertimbangan oleh konsulnya loh~

*Foto 2 Lembar (3,5cm x 4,5cm) Putih
Foto juga wajib yah. Sebenarnya foto yang pas ditempel di formulir berukuran 3,5x4,5 . Tapi kalau kalian hanya punya 4x6 juga gapapa. Fotonya 3-6 bulan terakhir ya, jangan sampai kasih foto jaman jadul~

*Paspor Asli dan Fotocopy
Hmm, kebiasaan adalah orang-orang hanya membawa paspor asli saja dan belum fotocopy karena dianggap bisa fotocopy di kedutaan. But, kenyataannya tidak ada tempat fotocopy-an dan biasanya staff juga tidak akan membantu untuk fotocopy. Jadi sebelum mengajukan visa, silahkan fotocopy dulu paspornya bagian depan yang ada fotonya itu, dan halaman-halaman yang ada visanya, serta halaman paling belakang. Biasanya untuk mengecek travel record kalian dan bisa juga menjadi nilai plus. Bagi yang sebelumnya sudah mempunyai paspor, alangkah baiknya jika paspor lama juga disubmit sebagai bukti fisik.

*Rekening Koran (3 Bulan Terakhir) dan Referensi Bank
Wajib!
Ingat ya, rekening koran yang langsung di print dari bank, bukan hasil fotocopy-an buku tabungan atau download dari mobile/ internet banking. Di dalam rekening koran harus jelas tertera nama pemilik rekening, nomor rekening, mutasi, dan saldo. Kalian bisa datang ke bank dan setau saya untuk rek. koran bisa langsung dapat, tapi referensi bank mungkin sekitar 3 hari sampai 1 minggu. Tergantung bank-nya yah... Surat referensi bank juga sangat penting dan akan sangat baik jika dilampirkan juga. Harus ada berapa sih saldo kita? sebenarnya mungkin dari kedutaan tidak mematok harus ada sekian, yang penting bisa masuk akal saja. Selama saldo kita mencukupi kehidupan selama di Korea dari berangkat sampai pulang, kemungkinan visa bisa di-approve. Jangan ada tu masukan yang tiba-tiba selangit di bulan-bulan terakhir, karena bisa jadi mencurigakan. >_<

*Surat Keterangan Kerja & Surat Sponsor (dari perusahaan tempat pemohon bekerja)
Surat Keterangan Kerja bisa diminta ke bagian HRD dan mencantumkan nama, posisi bekerja, lama bekerja, berkop surat dan diketik ke dalam bahasa Inggris ya~ jangan lupa tanda tangan dan stamp perusahaan.

*Surat Keterangan Pelajar/ Mahasiswa (Asli) dan fotocopy Kartu Tanda Pelajar/Mahasiswa
Bagi yang belum bekerja dan masih belajar, silahkan meminta surat keterangan dari sekolah/ kampusnya bahwa kalian benar-benar sedang belajar di sana. Kalau dulu aku makan waktu 3 hari buat bikin suratnya.

*Fotocopy SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) Tempat Pemohon Bekerja

*Fotocopy Surat Pajak Tahunan ( SPT PPh 21 ) yang dibayarkan oleh perusahaan
Peraturan baru dari kedutaan Korea kalau SPT menjadi dokumen wajib yang harus dilampirkan. Kalau tidak mempunyai SPT, sebaiknya dari awal membuat surat keterangan pribadi yang menyatakan bahwa tidak mempunyai SPT beserta alasannya (diketik dalam bahasa Inggris, bermaterai 6000)

*Fotocopy Kartu Keluarga/ Akta Nikah/ KTP/ ID Card Kantor, Kartu Nama
Dokumen pendukung yang membuktikan hubungan kekeluargaan dan identitas diri

#Kalau Ibu Rumah Tangga, Pensiunan, Freelancer, atau yang tidak bekerja silahkan melampirkan surat keterangan kerja pasangannya yang masih bekerja dan melampirkan Surat Keterangan Permohonan Visa secara pribadi (diketik berbahasa Inggris, bermaterai 6000) dan dilengkapi dengan bukti SK pensiun atau Surat Pengalaman Kerja dari tempat bekerja sebelumnya.

Yah,,,, aku rasa itu saja yang perlu disiapkan. Aku saranin dokumennya selengkap mungkin, di fotocopy dengan jelas dan tidak usah dipotong.

*Ajukanlah visa 2-3 Minggu sebelum keberangkatan
Saat kalian ngajuin visa, jangan dikira kalau kalian pasti bisa dapetin visanya. That's No-No! Kemungkinan visa di-approve masih 50:50. Banyak yang ngira kalau apply melewati agen travel/ tour pasti mendapat visa. itu salah besar. Agen hanya membantu submit dokumen saja supaya kalian yang tinggal jauh tidak repot untuk datang langsung dan mengantri lama. Keputusan tetap ada sama concul-nya. Proses pengajuan visa wisata selama 4 hari kerja dan bisa kemungkinan pending atau diminta interview. Intinya sih jangan mepet aja submitnya.

*Jangan membeli tiket pesawat & booking hotel sebelum visa di-approve
Seperti yang udah aku bilang sebelumnya kalau bukti booking tiket tidak menjadi syarat pengajuan visa Korea. Jadi, jika kalian belum mendapatkan visa di hari keberangkatan atau amit-amitnya visa ditolak, padahal sudah membeli tiket, maka percuma saja kalian protes tidak akan digubris.

*Silahkan datang ke konsuler pada pagi hari dan mengambil nomor antrian
Why? karena kalau lagi rame, kalian bisa nunggu berjam-jam dan pasti sangat membosankan. Silahkan tunggu sampai nomor kalian dipanggil. satu nomor antiran bisa untuk submit 9 aplikasi. Jika lebih dari itu bisa melalui loket khusus travel yang hanya dibuka sampai jam 10 pagi saja.

*Siapkan semua dokumen dari awal dan jangan menyusul kekurangan dokumen. Hal itu bisa memperlambat proses pengajuan visa.

*Siapkan uang cash!
Memang masih disayangkan kalau Embassy Korea hanya menerima cash saja sedangkan uang yang akan dibayar bisa sampai jutaan. Tapi lagi-lagi kalau mau ngajuin visa jangan sampai kalian ngga ada uang di dompet atau kalian harus ngambil uang di ATM dulu dan harus jalan lagi keluar... ribet, kan? di Kedutaan Korea juga tidak ada ATM. ATM terdekat hanya Hana Bank dan kalau bank seperti BCA atau Mandiri harus jalan ke gedung sebelahnya ada RS Medistra atau Surveyor Indonesia. Hmmm...

*Jadilah Aplikan yang cerdas^_^
Lagi-lagi banyak orang yang hanya melihat atau baca-baca dari blog saja dan langsung datang tanpa membawa dokumen persyaratan yang lengkap. Regulasi itu bisa berubah kapan saja dan kalian harus pandai untuk mencari informasi terupdate dan terpercaya. Walaupun kalian sudah membaca info dari medsos, internet, alangkah baiknya kalian juga mencari informasi yang paling benar dengan langsung membaca web resmi kedutaan Korea-nya. Hihi

Aku rasa cukup jelas ya info yang udah aku kasih ini. Semoga bisa bermanfaat dan permohonan visa kalian bisa lancar dan di-approve tepat waktu.

More info:

Harga Visa Wisata:
Single (kunjungan dibawah 90 hari) Rp 544.000 (Cash) *Harga bisa berubah sewaktu-waktu
Single (kunjungan diatas 90 hari) Rp 816.000
Double (2 kali masuk berlaku 6 bulan) Rp 952.000
Multiple (berlaku 5 tahun) Rp 1.224.000

Jam pengajuan visa : 9.00 ~ 11:30 WIB
Jam pengambilan visa : 13:30 ~ 16:30 WIB
Proses : Estimasi 4 hari kerja

EMBASSY OF THE REPUBLIC OF KOREA
CONSULAR SECTION
Jalan Jendral Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta Selatan


(021) 2967 2580
idn.mofa.go.kr

0 Response to "Tips Pengajuan Visa Wisata Korea Selatan"

Posting Komentar