Pengalaman Mendapat Beasiswa AKS Summer School 2014 di Korea

Alhamdulillah. 

Akhirnya aku bisa menginjakkan kaki di Korea untuk yang kedua kalinya dalam tahun yang sama. Kali ini aku pergi ke Korea dalam rangka menjadi peserta dalam kegiatan summer program yang  dari dulu aku impikan.

Awal tahun 2014, aku mulai ngecek website AKS (kali aja pengumuman pendaftaran AKS Summer Program sudah dibuka) dan benar saja ternyata pendaftaran sudah di buka sejak 16 Januari 2014 – 28 Februari 2014. Berhubung Januari masih libur dan aku masih ada di Madiun, jadi aku putuskan untuk daftar bulan Februari saat masa perkuliahan dimulai. Akhirnya tanggal 10 Februari aku mulai masuk kuliah dan mulai mendownload formulir aplikasi, dan mengurus segala dokumen yang dbutuhkan, salah satu yang paling menyebalkan adalah meminta surat rekomendasi dari para dosen. Kebetulan saat itu lagi heboh-hebohnya anak-anak yang mau daftar S2 di Korea lewat KGSP juga minta rekomendasi dari para dosen. Dosen Korea UI jumlahnya sedikit, namun mahasiswa yang membutuhkan rekomendasi banyak, jadi dosen mulai milih-milih atau kadang menolak untuk memberikan surat rekomendasi. Huhu.

Untuk aplikasi pendaftaran AKS membutuhkan 2 surat rekomendasi. Jadilah aku bingung mau minta ke siapa. Awalnya ingin minta rekomendasi dari dosen yang tahun lalu juga pernah kasih rekomendasi. Okey, pak Yoo sudah tidak mengajar di UI dan sudah kembali ke Korea.  Kemudian Bu Im sangat sibuk dan bisa nunggu lama banget kalau minta rekomendasi dari beliau. Okay, akhirnya aku memberanikan diri untuk minta rekomendasi dari Pak Shin. Sudah dua tahun ini mahasiswa yang minta rekomendasi untuk AKS dari beliau pasti diterima, jadi aku berharap bisa diterima berkat rekomendasi beliau.

Aku akhirnya datang ke samusil (ruang dosen) dan menemui pak Shin. Awalnya beliau hampir menolak karena mengira aku ingin minta rekomendasi S2, tapi setelah aku beri kejelasan seputar program AKS, akhirnya beliau bersedia memberikannya. Dosen kedua yang ingin aku mintai rekomendasinya adalah Bu Maya. Beliau mengenal betapa Suju mania-nya aku haha, tapi selain itu beliau juga tahulah kemampuanku bagaimana. Akhirnya aku hubungi beliau dan beliau cuma bilang “oke, ibu cek dulu”.

Hari demi hari, belum ada kabar tentang surat rekomendasi sudah jadi apa belum, padahal waktu sudah mendekati deadline. Akhirnya aku hubungi Pak Shin, dan ternyata bilang “Sudah jadi, tinggal dikirim saja”, sedangkan ketika aku tanya ke Bu Maya, beliau bilang, “Suci, semua rekomendasi harus minta persetujuan dulu dari Pak Zaini (ketua prodi). Jadi, mungkin kamu konsultasi dulu ke Pak Zaini, ya?!) What!! Akhirnya aku langsung hubungi pak Zai dan beliau suruh datang ke samusil esok harinya. Padahal sudah deg-deg-an takut ga dikasih, eh waktu aku bilang kalau ini rekomendasi untuk summer program beliau langsung mengizinkan. Akhirnya aku langsung katalk bu Maya dan akhirnya bu Maya kirimkan malam harinya juga. Sip~ semuanya selesai. Hal yang harus ditunggu hanya pengumuman saja.  Pengumuman semula dijadwalkan tanggal 31 Maret, namun tanggal 31 Maret tidak ada email apapun yang datang dari AKS. Aku dan anak-anak lainnya yang daftar pada penasaran dan berasa kayak di PHP-in. Hehe. Akhirnya 2 minggu kemudian ada balasan dari AKS bahwa pengumuman diundur hingga tanggal 23 April. Huh~ cukup lega. Paling tidak ada kepastian tentang pengumuman AKS.

Tanggal 23 April aku ke kampus dan masih belum berani buka email. Hmm, tapi akhirnya karena rasa penasaran yang tinggi sambil berharap-harap cemas aku membuka email dan kata pertama yang terbaca adalah “Congratulation!” . Huaa, ini bagaikan mimpi. Aku diterima! Yey! Alhamdulillah.



Semenjak itu aku mulai kembali mempersiapkan segala macam keperluan yang harus dibawa. Selain itu juga harus urus visa yang saat itu sudah naik harga menjadi 480 ribu rupiah. Iyyuh! Untungnya visa jadi dan akhirnya bisa berangkat~~ 기대해도 좋아 Let’s go~

Hari pertama ada opening ceremony seperti perkenalan tentang kampus, dosen, kegiatan AKS, dan perkenalan masing-masing peserta.
perkenalan diri,,, dag dig dug
gather together :)

Korean tea... class


Hanbok experience
Korean Folk Village - with actors of drama 'Secret Gate'

Anabji Area
Making Tteok

Namsan Tower

KBS

Well,, sebenarnya masih banyak banget foto-foto selama kegiatan AKS. Jadi, bagi kalian yang belum pernah ke Korea atau ingin mempunyai pengalaman seru selama di Korea, kalian bisa coba untuk mendaftar beasiswa ini! good luck!


0 Response to "Pengalaman Mendapat Beasiswa AKS Summer School 2014 di Korea"

Posting Komentar