Tugas Bahasa Indonesia :Arti Nama Aliva Inji

Setiap nama yang diberikan orang tua kepada anaknya adalah identitas yang akan disandang sang anak seumur hidupnya. Dalam memberikan nama kepada anak, orang tua memiliki pertimbangan mengenai makna dan arti nama itu sendiri. Nama yang bagus dan bermakna yang diberikan orang tua kepada anak akan memengaruhi jiwa dan kehidupan sang anak kelak. Secara tidak langsung, ketika orang tua menyebut nama sang anak, mereka sedang mendoakan sang anak sesuai dengan makna dari nama itu sendiri.Saya sendiri memiliki nama Aliva Inji.

            Saya lahir pada tanggal 21 Juni 1998. Ibu saya bernama Eva Supartini dan ayah saya bernama Suryana. Pada awalnya, saya akan dinamai Olivia yang artinya zaitun. Zaitun merupakan pohon yang tidak ada satu bagian pun dari pohon ini yang tidak berguna. Allah  memberkati pohon zaitun melalui firman-Nya di dalam kitab suci Al quran. Penamaan Olivia terhadap diri saya tidak jadi dilakukan sebab ayah saya merencanakan sebuah nama yang tidak kalah bagus yaitu, Aliva Inji.

            Kata aliva berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya penuh kasih sayang dan kata inji berasal dari bahasa Sunda yang artinya bayi. Apabila disatukan, nama Aliva Inji artinya adalah anak yang penuh kasih sayang. Harapan yang diberikan kepada saya melalui nama Aliva Inji adalah kelak saya tumbuh sebagai anak yang penuh dengan kasih sayang dan mengasihi kedua orang tua sepenuh hati. Setelah berusia delapan belas tahun, saya baru tahu bahwa pengambilan nama Aliva yang dimaksud oleh ayah saya bukan berasal dari kata aliva dalam bahasa Sansekerta. Ayah saya bahkan tidak tahu bahwa nama Aliva memiliki arti dalam bahasa Sansekerta.

           Aliva yang dimaksud oleh ayah saya berasal dari bahasa Arab yaitu kata alif yang merupakan huruf pertama dalam bahasa Arab. Saya diumpamakan seperti huruf alif yang merupakan  huruf pertama dalam bahasa Arab, sebab saya adalah anak pertama. Ayah saya merupakan penggemar olahraga tenis. Para atlet tenis yang saat itu sedang berjaya diantaranya berasal dari Bulgaria. Orang-orang Bulgaria kebanyakan memiliki huruf V di dalam nama mereka. Salah satu atlet tenis Bulgaria yang sedang terkenal pada saat itu adalah Magdalena Maleeva. Ayah saya mengombinasikan kata alif dan nama Maleeva sehingga terbentuklah nama Aliva. Ayah saya berharap kelak saya dapat menjadi anak pertama yang mahir dalam berolahraga tenis namun pada kenayataannya, saya belum penah bermain tenis apalagi mahir dalam memainkannya. 

0 Response to "Tugas Bahasa Indonesia :Arti Nama Aliva Inji"

Posting Komentar